Kamis, 06 November 2014

PROFIL RA SARABILA




PROFIL RA SARABILA

I. PENDAHULUAN

Manusia pada fitrahnya telah mengalami sebuah proses pendidikan secara alamiah. Hanya, seberapa besar dan seberapa mengerti proses itu disadari bisa membentuk mentalnya untuk menjadi pengayom. Jika secara alamiah manusia sudah mengalami proses pendidikan, maka pendidikan secara formal hanyalah berfungsi sebagai pengarah untuk mengenalkan peserta didik tentang sebuah kebenaran yang berpuncak pada pemahaman Allah swt. Garis itulah yang perlu dinyatakan agar dalam kelangsungannya proses pendidikan tidak mengalami kekeringan akan nilai-nilai ilahiyah. Hal itu harus dimulai dari bagaimana peserta didik mampu mengeksplorasi kemampuan berpikirnya dari dan untuk alam ini. Dari sanalah dia akan berevolusi ke arah pemikiran yang lebih memiliki nilai

Anak Usia 4-6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang berada pada rentang usia lahir sampai 6 Tahun .Pada Usia ini secara terminology disebut sebagai anak usia pra sekolah. Perkembangan kecerdasan pada masa ini mengalami peningkatan dari 50 % menjadi 80 %. Selain itu, seluruh aspek perkembangan anak yang masuk TK mempunyai kemampuan lebih tinggi dari pada anak yang tidak masuk TK pada saat berada dikelas 1 SD.


Fakta di lapangan menunjukkan bahwa anak anak yang mengulang kelas di SD adalah anak yang tidak masuk pendidikan pra sekolah atau Taman Kanak - kanak. Mereka adalah anak yang belum siap dan tidak dipersiapkan oleh orang tuannya memasuki SD. Adanya perbedaan yang besar antara pola pendidikan di sekolah dengan di rumah menyebabkan anak yang tidak masuk pendidikan Taman Kanak kanak mengalami kejutan dan tidak dapat menyesuaikan diri sehingga tidak dapat berkembang secara optimal, hal ini menunjukan pentingnya upaya pengembangan seluruh potensi anak usia pra sekolah.

Guna memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat untuk mempersiapkan putra-putrinya di pendidikan formal maka Yayasan Lumbung Amal Dharma Bhakti mencoba mengabdikan dirinya bagi bangsa Indonesia dengan mendirikan Raudhatul Athfal / TK Islam SARABILA. Pada tanggal  17  Agustus 2014. Dengan berdirinya RA SARABILA diharapkan dapat membantu orang tua siswa untuk mempersiapkan putra-putrinya memasuki jenjang Pendidikan Dasar.

II. Dasar Hukum
  1. Al-Qu’ran, Hadits, dan Ijma’ Ulama.
  2. Undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang antara lain menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu dan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa.
  3. Peraturan Pemerintah nomor 27 tahun 1990 tentang perlunya pendidikan nasional pra sekolah, yakni usia 4 – 6 tahun. Salah satu bentuk pendidikan itu adalah Taman Kanak-kanak (TK), yakni untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar (SD).
  4. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 0486/U/1992 ayat 1 pasal 2 menyatakan bahwa; pendidikan merupakan wadah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani sesuai dengan sifat alamiah anak.


III. VISI

·         Mempersiapkan Generasi muslim yang beriman dan berakhlak mulia, serta menguasai ilmu pengetahuan dan Tehnologi .
·         TERAMPIL, KREATIF, SEHAT, CERDAS, CERIA, ISLAMI

IV. MISI

·         Melatih kemandirian dan sikap social anak
·         Mengembangkan kemampuan bakat anak dan minat anak.
·         Menata lingkungan yang sehat,bersih, rapid an indah.
·         Menanamkan gemar ibadah sejak dini.
·         Melatih anak bertanggung jawab di sekolah dan di rumsh.
·         Menumbuhkembangkan sikap perilaku dan amaliyah yang berdasarkan agama Islam.
·         Menumbuhkan semangat belajar.
·         Melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.


V. Alamat Sekolah

Tembesi Buton RT. 01 RW 01 No. 73 Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau, Indonesia.


VI. Data Siswa.

Angkatan awal berdirinya RA SARABILA  terdata 14 murid yang terdiri dari 6 perempuan dan 8 laki-laki.

Tahun
Jumlah murid
Kelompok  A
Kelompok  B
2014-2915
14
10
4



VII. PRINSIP PRINSIP RA SARABILA

  • Mengembangkan kemampuan anak secara alamiah sesuai dengan tingkat perkembangannya.
  • Berusaha membuat anak merasa bebas dan aman secara psikologis sehingga senang belajar disekolah.
  • Menggalang kerjasama antar sekolah,keluarga dan masyarakat.
  • Senantiasa terbuka bagi hal hal yang menunjang pendidikan anak
  • Berusaha melengkapi segala kebutuhan yang menunjang perkembangan anak secara optimal.
  • Suksesnya pendidikan RA SARABILA sangat ditentukan oleh kwalitas pendidiknya.


VIII. KURIKULUM

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang dibakukan dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah .Kurikulum dilaksankan dalam rangka membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik fshikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai - nilai agama, sosial, emosional, kognitif, bahasa, fisik / motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Hasil belajar merupakan cerminan kemampuan anak yang dicapai dari suatu tahapan pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar. Untuk melengkapi semua kemampuan tersebut RA SARABILA menggunakan kurikulum terpadu antara Diknas, Depag sehingga hasil akhirnya dua kemampuan dapat tercapai yaitu kemampuan Agama dan Umum.


IX. GURU

Nama
Temp./Tgl. lahir
Pendidikan
Susilowati
Jakarta, 15 Juni 1972
PGTK Batam, 2013


X. Penutup

Pendirian Raudathul Athfal SARABILA  tersebut  merupakan tindak lanjut dari aktivitas penyelenggaraan Taman Pendidikan Al-Qur’an SARABILA  yang telah berkiprah sejak tahun 2007 di lokasi yang sama. Selain dari itu, masyarakat setempat sangat membutuhkan keberadaan sarana pendidikan pra sekolah yang lebih dekat, aman dan berkualitas.

Mengingat RA SARABILA merupakan langkah awal dalam dunia pendidikan anak usia dini, maka sudah barang tentu masih banyak kekurangan disana sini baik sarana maupun prasarana. Untuk itu perhatian, bantuan dan peran serta berbagai pihak sangat diperlukan guna keberlangsungan proses belajar mengajar  sebagaimana visi misi yang dimaksud.



 
 






























 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar