Pelajaran 4
Tentang SHOLAT
وَعَنْ أُمِّ سَلَمَةَ - رَضِيَ اَللَّهُ
عَنْهَا- ; أَنَّهَا سَأَلَتْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم ( أَتُصَلِّي
اَلْمَرْأَةُ فِي دِرْعٍ وَخِمَارٍ بِغَيْرِ إِزَارٍ ؟ قَالَ : إِذَا كَانَ
اَلدِّرْعُ سَابِغًا يُغَطِّي ظُهُورَ قَدَمَيْهَا ) أَخْرَجَهُ أَبُو
دَاوُدَ وَصَحَّحَ اَلْأَئِمَّةُ وَقْفَهُ
Dari Ummu Salamah Radliyallaahu 'anhu bahwa dia
bertanya kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam: Bolehkah seorang perempuan
sholat dengan memakai baju panjang dan kerudung tanpa sarung؟ Beliau bersabda:
Boleh apabila baju panjang itu lebar menutupi punggung atas kedua kakinya.
Dikeluarkan oleh Abu Dawud. Para Imam Hadits menilainya mauquf.
وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ رضي الله عنه عَنْ
اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم ( اَلْأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلَّا
اَلْمَقْبَرَةَ وَالْحَمَّامَ ) رَوَاهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَلَهُ
عِلَّةٌ
Dari Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu
bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Bumi itu seluruhnya
masjid kecuali kuburan dan kamar mandi. Riwayat Tirmidzi tetapi ada cacatnya.
وَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ - رَضِيَ اَللَّهُ
عَنْهُمَا-]قَالَ] : ( نَهَى اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم أَنْ يُصَلَّى فِي
سَبْعِ مَوَاطِنَ : اَلْمَزْبَلَةِ وَالْمَجْزَرَةِ
وَالْمَقْبَرَةِ وَقَارِعَةِ اَلطَّرِيقِ وَالْحَمَّامِ
وَمَعَاطِنِ اَلْإِبِلِ وَفَوْقَ ظَهْرِ بَيْتِ اَللَّهِ ) رَوَاهُ
اَلتِّرْمِذِيُّ وَضَعَّفَهُ
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melarang untuk sholat di tujuh tempat: tempat
sampah tempat penyembelihan hewan pekuburan tengah jalan kamar mandi/WC kandang
unta dan di atas Ka'bah. Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan dinilai lemah olehnya.
وَعَنْ أَبِي مَرْثَدٍ اَلْغَنَوِيِّ رضي الله
عنه قَالَ : سَمِعْتَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ : ( لَا
تُصَلُّوا إِلَى اَلْقُبُورِ وَلَا تَجْلِسُوا عَلَيْهَا ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
Abu Murtsad Al-Ghonawy berkata: Aku mendengar
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Janganlah engkau sholat
menghadap kuburan dan jangan pula engkau duduk di atasnya. Riwayat Muslim.
وَعَنْ أَنَسٍ- رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُ- أَنَّ
رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : ( إِذَا قُدِّمَ اَلْعَشَاءُ
فَابْدَءُوا بِهِ قَبْلَ أَنْ تُصَلُّوا اَلْمَغْرِبَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Anas Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Apabila makan malam telah dihidangkan
makanlah dahulu sebelum engkau sholat Maghrib. Muttafaq Alaihi.
وَعَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ
رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ فِي اَلصَّلَاةِ
فَإِنَّهُ يُنَاجِي رَبَّهُ فَلَا يَبْزُقَنَّ بَيْنَ يَدَيْهِ وَلَا عَنْ
يَمِينِهِ وَلَكِنْ عَنْ شِمَالِهِ تَحْتَ قَدَمِهِ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ وَفِي رِوَايَةٍ : ( أَوْ تَحْتَ قَدَمِهِ )
Dari Anas Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Apabila seseorang di antara kamu
sembahyang sebenarnya ia sedang bermunajat kepada Tuhannya. Maka janganlah
sekali-kali ia meludah ke hadapannya dan ke samping kanannya tetapi ke samping
kirinya di bawah telapak kakinya. Muttafaq Alaihi. Dalam suatu riwayat
disebutkan: Atau di bawah telapak kakinya.
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : ( اَلتَّثَاؤُبُ مِنْ اَلشَّيْطَانِ
فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَكْظِمْ مَا اِسْتَطَاعَ ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ وَاَلتِّرْمِذِيُّ وَزَادَ : ( فِي اَلصَّلَاةِ )
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Menguap itu termasuk perbuatan setan
maka bila seseorang di antara kamu menguap hendaklah ia menahan sekuatnya.
Diriwayatkan oleh Muslim dan Tirmidzi dengan tambahan: Dalam sholat.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : ( إِذَا قُمْتُ إِلَى اَلصَّلَاةِ
فَأَسْبِغِ اَلْوُضُوءَ ثُمَّ اِسْتَقْبِلِ اَلْقِبْلَةَ
فَكَبِّرْ ثُمَّ اِقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنْ اَلْقُرْآنِ
ثُمَّ اِرْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا ثُمَّ اِرْفَعْ حَتَّى
تَعْتَدِلَ قَائِمًا ثُمَّ اُسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا
ثُمَّ اِرْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ثُمَّ اُسْجُدْ حَتَّى
تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ اِرْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا
ثُمَّ اُسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ اِفْعَلْ ذَلِكَ فِي
صَلَاتِكَ كُلِّهَا ) أَخْرَجَهُ اَلسَّبْعَةُ وَاللَّفْظُ
لِلْبُخَارِيِّ وَلِابْنِ مَاجَهْ بِإِسْنَادِ مُسْلِمٍ ( حَتَّى تَطْمَئِنَّ
قَائِمًا )
وَمِثْلُهُ فِي حَدِيثِ رِفَاعَةَ عِنْدَ
أَحْمَدَ وَابْنِ حِبَّانَ ( حَتَّى تَتْمَئِنَّ قَائِمًا )
وَفِي لَفْظٍ لِأَحْمَدَ : ( فَأَقِمْ صُلْبَكَ
حَتَّى تَرْجِعَ اَلْعِظَامُ )
وَلِلنَّسَائِيِّ وَأَبِي دَاوُدَ مِنْ
حَدِيثِ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ : ( إِنَّهَا لَنْ تَتِمُّ صَلَاةُ أَحَدِكُمْ
حَتَّى يُسْبِغَ اَلْوُضُوءَ كَمَا أَمَرَهُ اَللَّهُ ثُمَّ يُكَبِّرَ
اَللَّهَ وَيَحْمَدَهُ وَيُثْنِيَ عَلَيْهِ ). وَفِيهَا ( فَإِنْ
كَانَ مَعَكَ قُرْآنٌ فَاقْرَأْ وَإِلَّا فَاحْمَدِ اَللَّهَ
وَكَبِّرْهُ وهلِّلْهُ )
وَلِأَبِي دَاوُدَ : ( ثُمَّ اِقْرَأْ بِأُمِّ
اَلْقُرْآنِ وَبِمَا شَاءَ اَللَّهُ )
وَلِابْنِ حِبَّانَ : ( ثُمَّ بِمَا شِئْتَ )
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jika engkau hendak mengerjakan
shalat maka sempurnakanlah wudlu' lalu bacalah (ayat) al-Quran yang mudah
bagimu lalu ruku'lah hingga engkau tenang (tu'maninah dalam ruku' kemudian
bangunlah hingga engkau tegak berdiri lalu sujudlah hingga engkau tenang dalam
sujud kemudian bangunlah hingga engkau tenang dalam duduk lalu sujudlah hingga
engkau tenang dalam sujud. Lakukanlah hal itu dalam dalam sholatmu
seluruhnya." Dikeluarkan oleh Imam Tujuh lafadznya menurut riwayat
Bukhari. Menurut Ibnu Majah dengan sanad dari Muslim: "Hingga engkau
tenang berdiri."
Hal serupa terdapat dalam hadits Rifa'ah Ibnu
Rafi' menurut riwayat Ahmad dan Ibnu Hibban: "Sehingga engkau tenang
berdiri (mu)."
Dan menurut lafazh riwayat Ahmad :
"Maka tegakkanlah tulang punggungmu hingga tulang-tulang itu kembali
(seperti semula)."
Menurut riwayat Nasa'i dan Abu Dawud dari hadits
Rifa'ah Ibnu Rafi'i: "Sungguh tidak sempurnah sholat seseorang di antara
kamu kecuali dia menyempurnakan wudlu' sebagaimana yang diperintahkan oleh
Allah kemudian ia takbir dan memuji Allah." Dalam hadits itu disebutkan:
"Jika engkau hafal Qur'an bacalah jika tidak bacalah tahmid
(Alhamdulillah) takbir (Allahu Akbar) dan tahlil (la illaaha illallah)."
Menurut riwayat Abu Dawud: "Kemudian
bacalah Al-fatihah dan apa yang dikehendaki Allah."
Menurut riwayat Ibnu hibban: "Kemudian
(bacalah) sekehendakmu."
وَعَنْ أَبِي حُمَيْدٍ اَلسَّاعِدِيِّ رضي الله
عنه قَالَ : ( رَأَيْتُ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم إِذَا كَبَّرَ جَعَلَ
يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ أَمْكَنَ يَدَيْهِ مِنْ
رُكْبَتَيْهِ ثُمَّ هَصَرَ ظَهْرِهِ فَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ
اِسْتَوَى حَتَّى يَعُودَ كُلُّ فَقَارٍ مَكَانَهُ فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَ
يَدَيْهِ غَيْرَ مُفْتَرِشٍ وَلَا قَابِضِهِمَا وَاسْتَقْبَلَ بِأَطْرَافِ
أَصَابِعِ رِجْلَيْهِ اَلْقِبْلَةَ وَإِذَا جَلَسَ فِي اَلرَّكْعَتَيْنِ
جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اَلْيُسْرَى وَنَصَبَ اَلْيُمْنَى وَإِذَا جَلَسَ فِي
اَلرَّكْعَةِ اَلْأَخِيرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ اَلْيُسْرَى وَنَصَبَ
اَلْأُخْرَى وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ ) أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ
Abu Hamid Assa'idy Radliyallaahu 'anhu berkata:
Aku melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam takbir beliau mengangkat
kedua tangannya lurus dengan kedua bahunya bila ruku' beliau menekankan kedua
tangannya pada kedua lututnya kemudian meratakan punggungnya bila mengangkat
kepalanya beliau berdiri tegak hingga tulang-tulang punggungnya kembali ke
tempatnya bila sujud beliau meletakkan kedua tangannya dengan tidak
mencengkeram dan mengepalkan jari-jarinya dan menghadapkan ujung jari-jari
kakinya ke arah kiblat bila duduk pada rakaat kedua beliau duduk di atas
kakinya yang kiri dan meluruskan (menegakkan) kaki kanan bila duduk pada rakaat
terakhir beliau majukan kakinya yang kiri dan meluruskan kaki yang kanan dan
beliau duduk di atas pinggulnya. Dikeluarkan oleh Bukhari.
وَعَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رضي الله
عنه عَنْ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى
اَلصَّلَاةِ قَالَ : "وَجَّهْتُ وَجْهِي لِلَّذِي فَطَّرَ اَلسَّمَوَاتِ
" . . . إِلَى قَوْلِهِ : "مِنْ اَلْمُسْلِمِينَ اَللَّهُمَّ
أَنْتَ اَلْمَلِكُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَنْتَ رَبِّي وَأَنَا عَبْدُكَ
. . . ) إِلَى آخِرِهِ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ وَفِي رِوَايَةٍ لَهُ :
أَنَّ ذَلِكَ فِي صَلَاةِ اَللَّيْلِ
Dari Ali bin Abu Thalib Radliyallaahu 'anhu dari
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam: Bahwa bila beliau menjalankan sholat
beliau membaca: "Aku hadapkan wajahku kepada (Allah) yang telah
menciptakan langit dan bumi --hingga kalimat-- dan aku termasuk orang-orang
muslim Ya Allah Engkaulah raja tidak ada Tuhan selain Engkau Engkaulah Tuhanku
dan aku hamba-Mu-- sampai akhir. Hadits riwayat Muslim. Dalam suatu riwayat
Muslim yang lain: Bahwa bacaan tersebut dalam shalat malam.
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ :
( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا كَبَّرَ لِلصَّلَاةِ سَكَتَ
هُنَيَّةً قَبْلِ أَنْ يَقْرَأَ فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ :
"أَقُولُ : اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ
بَيْنَ اَلْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اَللَّهُمَّ نقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ
كَمَا يُنَقَّى اَلثَّوْبُ اَلْأَبْيَضُ مِنْ اَلدَّنَسِ اَللَّهُمَّ
اِغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu berkata:
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila telah bertakbir untuk sholat
beliau diam sejenak sebelum membaca (al-fatihah). Lalu aku tanyakan hal itu
kepadanya. Beliau menjawab: "Aku membaca doa: Ya Allah jauhkanlah diriku
dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana telah Engkau jauhkan antara Timur dengan
Barat. Ya Allah bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahan sebagaimana telah
Engkau bersihkan baju putih dari kotoran. Ya Allah cucilah diriku dari
kesalahan-kesalahanku dengan air es dan embun." Muttafaq Alaihi.
وَعَنْ عَائِشَةَ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا-
قَالَتْ : ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَسْتَفْتِحُ اَلصَّلَاةَ
بِالتَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةَ : بِـ (اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
اَلْعَالَمِينَ ) وَكَانَ إِذَا رَكَعَ لَمْ يُشْخِصْ رَأْسَهُ وَلَمْ
يُصَوِّبْهُ وَلَكِنْ بَيْنَ ذَلِكَ . وَكَانَ إِذَا رَفَعَ مِنْ
اَلرُّكُوعِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَائِمًا . وَإِذَا رَفَعَ مِنْ
اَلسُّجُودِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ جَالِسًا . وَكَانَ يَقُولُ فِي
كُلِّ رَكْعَتَيْنِ اَلتَّحِيَّةَ . وَكَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ اَلْيُسْرَى
وَيَنْصِبُ اَلْيُمْنَى . وَكَانَ يَنْهَى عَنْ عُقْبَةِ اَلشَّيْطَانِ
وَيَنْهَى أَنْ يَفْتَرِشَ اَلرَّجُلُ زِرَاعَيْهِ اِفْتِرَاشَ اَلسَّبُعِ .
وَكَانَ يُخْتَمُ اَلصَّلَاةَ بِالتَّسْلِيمِ ) أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ
وَلَهُ عِلَّةٌ
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam biasanya membuka sholat dengan takbir dan
memulai bacaan dengan alhamdulillaahi rabbil 'alamiin (segala puji bagi Allah
Tuhan sekalian alam). Bila beliau ruku' beliau tidak mengangkat kepalanya dan
tidak pula menundukkannya tetapi pertengahan antara keduanya; bila beliau
bangkit dari ruku' beliau tidak akan bersujud sampai beliau berdiri tegak; bila
beliau mengangkat kepalanya dari sujud beliau tidak akan bersujud lagi sampai
beliau duduk tegak; pada setiap 2 rakaat beliau selalu membaca tahiyyat; beliau
duduk di atas kakinya yang kiri dan meluruskan kakinya yang kanan; beliau melarang
duduk di atas tumit yang ditegakkan dan melarang meletakkan kedua sikunya
seperti binatang buas; beliau mengakhiri sholat dengan salam. Hadits ma'lul
dikeluarkan oleh Muslim.
وَعَنْ عُبَادَةَ بْنِ اَلصَّامِتِ رضي الله
عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ
يَقْرَأْ بِأُمِّ اَلْقُرْآنِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْه
وَفِي رِوَايَةٍ لِابْنِ حِبَّانَ
وَاَلدَّارَقُطْنِيِّ : ( لَا تَجْزِي صَلَاةٌ لَا يُقْرَأُ فِيهَا بِفَاتِحَةِ
اَلْكِتَابِ )
وَفِي أُخْرَى لِأَحْمَدَ وَأَبِي
دَاوُدَ وَاَلتِّرْمِذِيِّ وَابْنِ حِبَّانَ : ( لَعَلَّكُمْ
تَقْرَءُونَ خَلْفَ إِمَامِكُمْ ? " قُلْنَا : نِعْمَ . قَالَ : "لَا
تَفْعَلُوا إِلَّا بِفَاتِحَةِ اَلْكِتَابِ فَإِنَّهُ لَا صَلَاةِ لِمَنْ
لَمْ يَقْرَأْ بِهَا )
Dari Ubadah Ibnu al-Shomit bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak sah sholat bagi orang yang
tidak membaca Ummul Qur'an (al-fatihah)." Muttafaq Alaihi.
Dalam suatu riwayat Ibnu Hibban dan Daruquthni:
"Tidak sah sholat yang tidak dibacakan al-fatihah di dalamnya."
Dalam hadits lain riwayat Ahmad Abu Dawud
Tirmidzi dan Ibnu Hibban: "Barangkali engkau semua membaca di belakang
imammu?" Kami menjawab: Ya. Beliau bersabda: "Jangan engkau lakukan
kecuali membaca al-fatihah karena sungguh tidak sah sholat seseorang tanpa
membacanya."
وَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي
الله عنه قَالَ : ( اِلْتَفَتَ إِلَيْنَا رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
فَقَالَ : " إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ : اَلتَّحِيَّاتُ
لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ
أَيُّهَا اَلنَّبِيُّ وَرَحْمَةَ اَللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلسَّلَامُ
عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اَللَّهِ اَلصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا
إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُولُهُ ثُمَّ لِيَتَخَيَّرْ مِنْ اَلدُّعَاءِ أَعْجَبُهُ
إِلَيْهِ فَيَدْعُو ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَاللَّفْظُ
لِلْبُخَارِيِّ ) وَلِأَحْمَدَ : ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه
وسلم عَلَّمَهُ اَلتَّشَهُّد وَأَمَرَهُ أَنْ يُعَلِّمَهُ اَلنَّاسَ )
وَلِمُسْلِمٍ : عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رضي الله
عنه قَالَ : ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ يُعَلِّمُنَا اَلتَّشَهُّدَ: "
اَلتَّحِيَّاتُ اَلْمُبَارَكَاتُ اَلصَّلَوَاتُ لِلَّهِ ... ) إِلَى آخِرِهِ
Abdullah Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu
berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berpaling pada kami kemudian
bersabda: "Apabila seseorang di antara kamu sholat hendaknya ia membaca:
(Artinya = Segala penghormatan sholawat dan kebaikan itu hanya bagi Allah
semata. Semoga selamat sejahtera dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat
Allah dan berkah-Nya. Semoga selamat sejahtera dilimpahkan kepada kami dan
kepada hamba-hamba-Nya yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah
Yang Esa tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba dan
utusan-Nya) kemudian hendaknya ia memilih doa yang ia sukai lalu berdoa dengan
doa itu." Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut riwayat Bukhari. Menurut
riwayat Nasa'i: Kami telah membaca doa itu sebelum tasyahud itu diwajibkan atas
kami. Menurut riwayat Ahmad: bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam telah
mengajarinya tasyahhud dan beliau memerintahkan agar mengajarkannya kepada
manusia.
Menurut riwayat Muslim bahwa Ibnu Abbas
Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
mengajarkan kepada kami tasyahhud: (artinya = Segala kehormatan yang penuh
berkah sholawat kebaikan hanya bagi Allah semata... sampai akhir).
وَعَنْ أَبِي مَسْعُودٍ اَلْأَنْصَارِيِّ رضي
الله عنه قَالَ : ( قَالَ بَشِيرُ بْنُ سَعْدٍ: يَا رَسُولَ اَللَّهِ ! أَمَرَنَا
اَللَّهُ أَنْ نُصَلِّيَ عَلَيْكَ فَكَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ ?
فَسَكَتَ ثُمَّ قَالَ : " قُولُوا : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى
مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ
كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي اَلْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ
مَجِيدٌ . وَالسَّلَامُ كَمَا عَلَّمْتُكُمْ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ.
وَزَادَ اِبْنُ خُزَيْمَةَ فِيهِ : ( فَكَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ إِذَا
نَحْنُ صَلَّيْنَا عَلَيْكَ فِي صَلَاتِنَا )
Dari Abu Mas'ud bahwa Basyir Ibnu Sa'ad
bertanya: Wahai Rasulullah Allah memerintahkan kepada kami untuk bersholawat
padamu bagaimanakah cara kami bersholawat padamu? beliau diam kemudian
bersabda: "Ucapkanlah: (artinya = Ya Allah limpahkanlah rahmat atas
Muhammad dan keluarganya sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat atas
Ibrahim. Berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah
memberkati Ibrahim. Di seluruh alam ini Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung)
kemudian salam sebagaimana yang telah kamu ketahui." Diriwayatkan oleh
Muslim. Dalam hadits tersebut Ibnu Khuzaimah menambahkan: "Bagaimanakah
cara kami bersholawat padamu jika kami bersholawat padamu pada waktu
sholat."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar